CEL.XXIII.02.439

Nothing’s impossible, Impossible’s nothing

Menggambar Peta Gua Menggunakan Software Compass dan Corel Draw

Posted by Ardy Prasetyo on March 28, 2008

Compass adalah sebuah software yang dibuat khusus untuk memproses data mentah hingga menghasilkan peta gua. Namun peta gua yang dihasilkan software ini membutuhkan pekerjaan tambahan agar menghasilkan peta dua dimensi yang tampilannya berdasar standar peta. Software tersebut adalah software yang dipergunakan untuk menggambar, misalnya Corel Draw.

1. Input Data Mentah

2. Proses Data

Menggunakan software Compass ini, pengolahan data adalah suatu proses yang tidak terlihat. Sehingga hanya bisa langsung dilihat hasil petanya.

 

Contoh Centerline Peta Gua Hasil Pengolahan Oleh Compass

3. Menggunakan Corel Draw Untuk Menggambar dinding gua dan detail situasi lorong

 

Centerline pada Corel

 

Centerline yang sudah dilengkapi dengan dinding lorong

 

 

<!–[if supportFields]&gt; SHAPE \* MERGEFORMAT &lt;![endif]–><!–[if supportFields]&gt;&lt;![endif]–>

Menggambar Situasi Lantai Gua

Gambar Detail Situasi Seluruh Lorong Dan Simbol

 

Gambar Peta Gua Lengkap

 

 


Gambar Perspektif Untuk Penggambaran Peta 3D


Gambar Model Komplek Gua-gua Hasil Proses Software Compass

 

Gambar model secara tiga dimensi diatas dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Dan dapat dieksport ke sebuah file .avi yang dapat dijalankan di software-software multi media seperti layaknya sebuah film.

(Widjanarko, Sunu.2007.Survey dan Pemetaan.http://subterra.web.id)

Leave a Reply

 
