CEL.XXIII.02.439

Nothing’s impossible, Impossible’s nothing

Amankan Laptop Anda Dari ‘Tangan Jahil’

Posted by Ardy Prasetyo on March 21, 2008

Di kalangan pelajar atau pebisnis, laptop saat ini seolah telah menjadi teman setia yang selalu menemani kemanapun pemiliknya pergi. Ini wajar, karena memang kehadiran laptop sangat memudahkan untuk mengerjakan berbagai hal seperti menyimpan bermacam-macam file penting.

Namun, Anda mungkin acap merasa was-was ketika harus membawa laptop saat bepergian. Pasalnya, saat ini pencuri seolah selalu mengintai langkah Anda dimanapun berada. Utamanya di keramaian, pencurian laptop sudah mulai menggejala sehingga Anda patut waspada.

Nah, lalu bagaimana cara untuk mengamankan laptop kesayangan Anda dari tangan-tangan jahil tersebut? Simak beberapa tips berikut agar laptop Anda tetap aman.

1. Gunakan Tas Laptop Yang Tidak Mencolok

Saat bepergian membawa laptop, gunakan tas ransel yang tidak terlalu mencolok perhatian, sehingga orang-orang tidak menyangka bahwa isi ransel tersebut adalah laptop. Tas bawaan dari toko yang bertuliskan merek laptop biasanya beresiko tinggi karena pencuri tahu bahwa tas Anda berisi laptop. Karena itu, lebih baik Anda memakai tas yang biasa-biasa saja untuk membawa laptop.

Namun, sebaiknya Anda juga memilih tas ransel yang memang mempunyai space khusus untuk menempatkan laptop. Tujuannya adalah agar dudukan laptop lebih mantap, tidak mudah goyah ketika dibawah saat perjalanan. Dan sekarang pun sudah banyak tas ransel yang memiliki model seperti ini.

2. Perhatikan Terus Laptop Anda

Jangan sekalipun kehilangan perhatian terhadap laptop Anda. Awasi terus keberadaannya di manapun berada. Misalnya ketika melewati bagian pemeriksaan keamanan, pastikan bahwa Anda yang memegang kendali atas laptop Anda, bukan petugas pemeriksaan. Bahkan di tengah keramaian, pegang erat laptop Anda dan jangan lupakan keberadaannya.

3. Lindungi Data Anda

Jika di dalam laptop Anda terdapat file yang penting dan sensitif, ingat untuk meng-encrypt (menulis data dengan kode-kode khusus) data Anda. Jangan lupa pula untuk membuat back up data di komputer lain atau di perangkat seperti USB Flash. Bagaimanapun, Anda tak pernah bisa memastikan laptop Anda akan selalu aman dari pencurian.

4. Ciptakan Sebuah Password Secara Berkala

Buatlah sebuah password untuk mengamankan laptop, sehingga tidak sembarang orang bisa mengoperasikannya. Bahkan akan lebih aman jika Anda terus memperbaharui password dalam kurun waktu tertentu.

5. Asuransikan Laptop Anda

Sekarang sudah bukan hal aneh lagi untuk mengasuransikan laptop, apalagi jika itu adalah laptop mahal dan merupakan barang kesayangan. Asuransi akan sangat bermanfaat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Anggap Diri Anda Sebagai Agen Rahasia

Jangan meninggalkan tas laptop Anda sekalipun. Anggap diri Anda sebagai seorang agen rahasia yang sedang membawa barang yang sangat berharga dan super rahasia sehingga Anda harus menjaganya sekuat tenaga. Hal ini mungkin akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

7. Labeli Laptop Anda

Labeli laptop dengan nama Anda atau organisasi. Pastikan label ini merekat kuat sehingga sulit dilepaskan tanpa merusaknya. Hal ini akan memudahkan identifikasi, jika laptop hilang atau dicuri dan beruntung polisi atau seseorang menangkap sang pelaku.

Penulis: Fransiska Ari Wahyu
Sumber: Detikinet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: