CEL.XXIII.02.439

Nothing’s impossible, Impossible’s nothing

MEMANFAATKAN BIOGAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF

Posted by Ardy Prasetyo on September 12, 2007

MEMANFAATKAN BIOGAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF

Melonjaknya harga minyak dunia disebabkan oleh tingginya kebutuhan minyak di berbagai belahan dunia, sementara stok yang ada terbatas begitu pula yang terjadi di Indonesia. Hal ini tentunya dapat memicu adanya gangguan stabilitas nasional. Hingga kini masyarakat harus antri berjam-jam, bahkan seharian untuk bias mendapatkan BBM di SPBU dan itupun kadang dijatah.

BBM merupakan energi tak terbarukan yang berasal dari peninggalan fosil jutaan tahun silam yang berada di perut bumi, sementara pemakaian energi ini tiap tahun kian meningkat dan tentu dapat menimbulkan krisis energi jika tidak diotemukan cadangan/kilang minyak baru.

Pertamina dan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral mengungkapkan 10 tahun kedepan kita akan mengalami krisis tersebut jika tidak ada upaya untuk mencari energi alternative lainnya dan mencoba melakukan penghematan.

Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan sebagai energi alternative bahkan dengan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang lebih rendah dibandingkan dengan proses produksi energi fosil (batu bara minyak bumi dan gas bumi) diantaranya tenaga panas bumi, tenaga air skala mikro, tenaga angina, panel surya serta biomasa.

Sedangkan untuk penghematan energi dapat ditempuh dengan berbagai cara. Misalnya, pertama, sector industri, dengan melakukan clean production, efisiensi pemanfaatan bahan baker dan bahan baker per unit output. Kedua, sector transportasi, penggantian/ perawtan kendaraan secara berkala, substitusi BBM dengan biodiesel/gas, pemanfaatan transportasi missal dengan teknologi yang lebih baik. Ketiga, sector komersial dan rumah tangga, pemanfaatan peralatan hemat energi, pemanfaatan AC dengan baik dan efisien, pemanfaatan sumber panas alami misalnya sinar matahari dalam proses pengeringan maupun penerangan di siang hari. Keempat, secktor energi, subtitusi BBM dengan menggunakan tenaga air, gelombang, angina dan matahati, pemanfaatan flare gas sisa dari proses penambangan dan pengolahan minyak bumi yang biasanya dibakar begitu saja.

Biogas merupakan salah satu alternative energi terbarukan yang bersumber dari proses penguraian biomasa. Biogas sudah mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1980-an, tetapi pemanfaatannya baru mulai digunakan di awal tahun 1990 dalam skala kecil hanya untuk keperluan memasak. Padahal ada manfaat lain yang bias didapat seperti lampu penerangan, ataupun menyediakan energi untuk keperluan rumah tangga lainnya. Biogas adalah gas yang sifatnya mudah terbakar dabn berasal dari proses penguraian bahan organic secara anaerobic (tanpa udara) oleh bakteri/mikroorganisme dengan melalui beberapa tahapan proses.

Pertama, Hidrolisa, yaitu penguraian senyawa rantai panjang seperti lemak, protein untuk menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. Kedua, Asidifikasi, pembentukan senyawa asam.Ketiga, Methanasi/fermentasi yaitu proses pembentukan gas methane.

Potensi Pengembangan

Bagi Indonesia, dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa, serta dengan jumlah kegiatan peternakan yang cukup besar dan sector pertanian yang masih menjadi basis mata pencarian sebagian besar penduduknya, merupakan potensi untuk pengembangan biogas. Disamping itu juga terdapat keuntungan lain yang diperoleh yakni adanya pupuk organic hasil fermentasi bakteri anaerob. Meningkatnya industri, sebagaimana diketahui yang kesehriannya senantiasa menghasilkan limbah, yang mungkin selama ini dipandang sebagai bahan terbuang, tetapi ternyata juga bias dimanfaatkan sebagai potensi tersendiri.

Kegiatan lain yang juga berpeluang untuk menghasilkan biogas: rumah potong hewan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), industri pemrosesan makanan (tahu, tempe, susu, restoran) dan juga rumah tangga (limbah domestic/tinja). Biogas merupakan campuran gas-gas utama yang terdiri atas: gas methane(CH4): 50 – 70 %;gas karbon dioksida (CO2); 30-50%, gas1-5%. Sedangkan nilai kalor 1 m3 biogas adalah sekitar 6 kWh – setara dengan 0.5-0.6 liter minyak diesel (solar) atau setara dengan 5 kg kayu-bakar kering.

Gas methane pada temperature dan tekanan standar (200C. 1 atm) mempunyai nilai kalor rendah sebesar 35.800 kJ/m3 (960 Btu/ft3). Karena biogas hanya mengandung 50-70% gas methane, nilai kalornya berkisar antara 17.900-25.000 kJ/m3 atau 480-670 Btu/ft3. sebagai pembanding gas alam (LNG), yang merupakan campuran dari methane, propane dan butane, memiliki nilai kalor 37.300 kJ/m3 (1.000 Btu/ft3). Sekitar 200 liter biogas dapat diperoleh dari pengurangan 1 kg COD (Chemical Oxyegen Demand).

Sebuah rumah tangga, biasanya membutuhkan 2-3 m3 biogas per hari untuk memasak. Air limbah sebanyak 30 m3 dengan konsentrasi COD 1.000 mg/l akan menghasilkan 4 m3 biogas, sehingga cukup untuk memenuhi keperluan 1 keluarga.

Kendala dan Solusi

Sebenarnya telah banyak pihak di Indonesia yang telah meneliti dan mengembangkan manfaat limbah organic untuk biogas baik dari pemerintah, perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian maupun LSM. Namun, masih banyak ditemukan kendala dalam penerapannya, diantaranya teknologi untuk pembuatan bio-digester yang memerlukan keahlian dan ketrampilan tinggi sehingga bangunan (digester) penangkap gas bio tidak mengalami kebocoran. Selain teknologi, pendanaan untuk pembuatan digester yang terbatas, kadang membuat orang berpikir lebih baik memakai gas elpiji atau listrik PLN saja dan juga kurangnya sosialisasi pemanfaatan biogas.

12 Responses to “MEMANFAATKAN BIOGAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF”

  1. adyt said

    mas tak download zo, gae tambah2 pengetahuan.makasih mas

  2. thomas said

    SHITSUREI SHIMASU
    nice artikel sobat ijin ambil dan di posting di site kami,…..

    arigatou gozaimatsu

  3. Tyas Junaidianto said

    nanya dong…
    diartikelnya mas ardy, katanya ada lembaga penelitian atau LSM yg neliti ttg biogas. boleh tau profil2 lembaga atau LSMnya?
    saya mahasiswa UGM yg mau neliti juga ttg biogas,tp dari limbah perikanan.
    so, bisa contact segera?
    thanx be4..matur nuwun…^-^

  4. adi winata said

    pak styo, saya mau tanya gimana caranya hasil gas dari pengolahan biogas yang ditampung ditabung tidak cepat habis??, saya sudah pernah coba hasil gas dari biogas saya salurkan ke tabung untuk ditampung hasil gasnya tapi setelah saya coba nyalakan kekompor teryata gas dari penampung gasnya cepat habis?????? gimana ya? mohon saran dari bapak,makasih

  5. iand said

    pak aQ mau tau cara pembuatan biogas ini

    aQ ingin mencoba membuat biogas ini

    karena aku ingin membantu orang2 disekitar rumah aku

    tolong yah pak

    kirimin cara pembuatannya di e-mail saya z..

    iand_vie@yahoo.com

    aku tunggu yah pak….

    makasih….

  6. bimadewono said

    thx ya mas, info nya bisa buat tambah pengetahuan, thx

  7. karnasenanda said

    mas ardy
    saya mahasiswa yang ingin lebih tahu tentang pemanfaatan limbah menjadi biogas, terutama dari limbah manusia
    bisa memeberi saya info lebih lanjut mengenai LSM atau badan pendidikan yang mengetahui tentang hal ini? dan artikel yang menyangkut hal ini

  8. andricoi said

    ass
    mas tolong sy d beri tau cara pembuatan biogas menurut yg anda praktekkan.
    kirim ke QWERIMAN@GMAIL.COM
    terima kasih

  9. lalu said

    gan, ada materi untuk presentasi biogas g?

  10. herry said

    nilai kalor 1 m3 biogas adalah sekitar 6 kWh…
    referensi dari mana pak??… tolong infonya….

  11. herry said

    nilai kalor 1 m3 biogas adalah sekitar 6 kWh…
    referensi dari mana pak??… tolong infonya….

  12. antok said

    numpang nanya mas, bagaimana sih caranya supaya gas yang dihasilkan bio gas agar bisa di kemas seperti gas LPG trimakasih. soalnya di kandang kelompok desa saya udah beroperasi tapi bingung cara mengemasnya kedalam tabung gas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: