CEL.XXIII.02.439

Nothing’s impossible, Impossible’s nothing

BAGAIMANA CARA MERAWAT KOMPUTER?

Posted by Ardy Prasetyo on September 12, 2007

Komputer saat ini merupakan barang yang menjadi kebutuhan utama dalam setiap sisi kehidupan. Termasuk MAHAPALA yang dalam kegiatan sehari-hari menggunakan komputer baik hanya sekedar ngetik, dengerin muzik, nyimpen foto, sampe-sampe buat nyimpen film “begituan” (sapa hayo???).

Sebenernya ngrawat sebuah komputer bisa dibilang susah-susah gampang. Susah bagi orang yang gagap teknologi (gaptek) kayak yang baca dan gampang bagi orang yang nulis artikel ini he…he…he.

Ngrawat sebuah komputer sebenernya simple ada 2 hal yang harus diperhatikan :

  1. Perawatan dari Luar (Hardware)

  2. Perawatan dari Dalam (Software)

(kayak perawatan body cewek aja)

memang komputer bisa dianggap sebagai cewek yang kudu dirawat, ibarat kata semakin dirawat makin ‘bahenol” (kata orang betawi) dan makin nggak dirawat makin ancur.

  1. Perawatan dari luar

  1. Bersihkan motherboarddanperipheral yang lain secara berkala

Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

b. Pakailah STAVOLT or UPS

Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

c. Vetilasi yang cukup

Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang AC di dalam CPU.

d. Jangan pernah sekali – sekali meletakan barang yang memiliki medan magnet dekat komputer

Hal ini akan mengakibatkan warna monitor akan menjadi tidak rata atau belang – belang karena pengaruh medan magnet yang ada pada barang tersebut.

  1. Perawatan dari dalam

1. Deffrag harddisk secara berkala

Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file – file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.

2. Aktifkan screen saver

Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat, maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup atau kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
Cara+ mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda.

3. Tutup program yang tidak berguna

Nach ini yang paling sering anak-anak MAHAPALA lakoni kalo dah pake komputer main tinggal aja nggak ditutup lagi programnya.

EH Maan….!!! setiap program yang diload atau dijalankan membutuhkan memori (RAM) sehingga semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak memori yang tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen atau komputer.

4. Install program anti virus (bagi yang g pake OS LINUX)

Untuk dapat mengenali virus/trojan- trojan baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

5. Bersihkan recycle bin secara teratur

Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin. Hal ini dimaksudkan agar apabila suatu saat Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet.
Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin. Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup
Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.

6. Uninstall program yang nggak kepake

Nach yang ini buat para downloader – downloader MAHAPALA yang sering pake komputer buat barang percobaan software yang baru didownload. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

Demikianlah tips – tips merawat komputer. Semoga bermanfaat dan besok nggak ada lagi kata “masss, iki komputer’e piye??????” he…he…he.

34 Responses to “BAGAIMANA CARA MERAWAT KOMPUTER?”

  1. rifky said

    artikelnya bagus buanget dech……thank’s yowhh…….kamu uda maem belum????

  2. Mustaqim said

    oke buanget tips2nya, cocok juga untuk orang awam soal komputer.

  3. talia said

    BOLEHNGAK TANYA?NI Q LAGI BINGUNG BANGET.COMPITERQ AGAK HANK NIH,MO Q INSTAL ULANG TAPI NGAK TAU CARANYA GIMANA? ^_^ ISA BANTU NGAK?

  4. Ezron said

    great info, sebagai tambahan… ada disini

  5. widadi_mining said

    makasi atas ilmu yg di berikan makasi buaaanyakk…mas ardy..
    mas ada yg mau saya tanya kan….tulis lagi donk artikel tentang cara memasukkan data xyx format csv dalam autocad utk pembuatan peta topografi,,, trs tlog donk mas cariin saya data xyz peta topografi,utk saya latihan2n..mas punya YM ada ga?? biar enak gt,saya dapat selalu kontak mas ardy’ chating2an gt ;)) makasi ya mas

  6. andre said

    uh………!
    bagus deh tp banyakin dong penjlasannya………………!!!!!!!!!

  7. Edwin said

    Hallo
    Saya mau tanya, komputer saya kena virus mau install antivirus AVG jadi gak bisa-bisa. Tolong donk, gimana solusinya?

  8. ade said

    Luffy Vs Moria!!…,Website nya bikinan joshden emang keren…!!!!!
    http://www.komikjos.tk

  9. ade said

    Luffy Vs Moria!!…,Website nya bikinan joshden emang keren…!!!!!
    http://www.mybuku.co.cc

  10. ade said

    mau liat video-video super lucu kreasi anak bangsat,eh bangsa, kunjungi neh !!!!!
    http://www.videolucu.co.cc

  11. joshden said

    mau liat video-video super lucu kreasi anak bangsat,eh bangsa, kunjungi neh !!!!!
    http://www.videolucu.co.cc

    mau beli ratusa ebook dengan harga super murah,bisa dijual kembali +dapat 1 website keren untuk menjual produk kita tsb,jg anda berkesempatan jadi pemasar lwat internet yg handal dan cepat bayak uang,kunjungi situs ini.anda juga dapat bonus puluhan software top,dan scrip2 bermutu tinggi !!!!!
    http://www.mybuku.co.cc

  12. MBAYANI said

    salam kenal yo..

  13. mantap banget bro, gw jadi nambah ilmu neh””””

  14. bagus banget bro w jadi tambah ngerti gimana cara merawat kompi w

  15. PUDIN said

    Siiiiip deh

  16. Anawia said

    Bgs, sy emang nyari artikel ini. Kunjungi jg blg saya.

  17. hasi said

    mas,,,kalo perawatan komputer brpengaruh sama kecepatan juga gak ya??

    • trima kasih atas tanggapannya.
      begini mas hasi mengenai pengaruh perawatan dengan kecepatan jelas sekali sangat berhubungan karena tanpa disadari selagi atau sehabis kita menggunakan komputer berbagai macam aplikasi yang kita gunakan akan mengalami kerusakan misalnya kerusakan dalam registry atau file systemnya atau meninggalkan sebuah temporary file. nah jika berbagai macam kerusakan dan temporary file menumpuk akan mempengaruhi kinerja komputer. ibarat kata seperti sebuah motor yang apabila terus dirawat maka akan enak dibawa sekaligus serta memiliki nilai jual tinggi.

      Saran : Sebaiknya anda juga menginstall software2 untuk perawatan (maintenance) utility yang ada seperti Tuneup Utility 2009, CC-Cleaner, atau defragler harddisk yang bisa anda dapatkan di filehippo.com

  18. riana said

    trims infonya.

  19. ANIK said

    pake your unisntaller aja bos atau tunup2009,
    gto aja mah guampang,hheheheheh

  20. yofi said

    bos tanya nih,,,
    kmputer saya kallau di shatdown nyala lagi g 5na yah,,,

  21. budi said

    bagus juga tipsnya , makasih

  22. blunderer said

    lengkap bgt tu boss!!! keren n jgn lupa visit my home ya!!

  23. ratih sinta dewi said

    assalamu’alaikum

    CPU ane kena virus ne,,
    padahal baru beli
    ,, n ane juja ga tau kenapa bisa gitu
    ,, tapi yang pasti listrik dirumah sering anjlok…
    gimana dunks???

    • Reski kindangen said

      klo kmptr nya kena virus d’scan aja caranya:
      – instal progam anti virus k’ kmptr anda serta jgn lupa untuk d’update antivirus-nya
      – setelah i2 scan harddisk anda dan tunggu sampai proses scan selesai.

      kalau setelah d’scan komuter nya blm baik juga coba cabut harddisk anda lalu scan d’komputer lain yg
      anti virus nya lebih bagus.
      jika tips d’ atas blm jga bisa menyembuhkan komputer anda terpaksa komputernya harus diformat
      atau instal ulang system operasinya,,,////////:)

  24. anis jegeg said

    askum

    mo tanya.comptrku klo mo turn off, ko masih ada aplikasi eror kenapa begitu, padahal ga ngrasa install apapun, apakah itu virus??? tnks

  25. Bacaan yang bagus dan bermanfaat.

  26. Joko said

    Nderek lewat,,terima kasih bacaanya.

  27. jangkrik said

    sangat bermanfaat kawan..
    memang komputer yang selalu menemani kita juga harus kita rawat,biar nggak ngerasa diterlantarkan.hehe

  28. Death said

    wah bagus bacaannya thx

  29. ultimate defrag…

    […]BAGAIMANA CARA MERAWAT KOMPUTER? « CEL.XXIII.02.439[…]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: