CEL.XXIII.02.439

Nothing’s impossible, Impossible’s nothing

CARA MEMBUAT PUPUK CAIR ORGANIK

Posted by Ardy Prasetyo on September 12, 2007

pupuk-cair.jpeg Bahan dan Alat:

1 liter bakteri
5 kg hijau-hijauan/daun-daun segar (bukan sisa dan jangan menggunakan daun dari pohon yang bergetah berbahaya seperti karet, pinus, damar, nimba, dan yang sulit lapuk seperti jato, bambu, dan lain-lainnya)
0,5 kg terasi dicairkan dengan air secukupnya
1 kg gula pasir/merah/tetes tebu (pilih salah satu) dan dicairkan dengan air
30 kg kotoran hewan
Air secukupnya
Ember/gentong/drum yang dapat ditutup rapat
Cara Pembuatan:

Kotoran hewan dan daun-daun hijau dimasukkan ke dalam ember.
Cairan gula dan terasi dimasukkan ke dalam ember.
Larutkan bakteri ke dalam air dan dimasukkan ke dalam drum, kemudian ditutup rapat.
Setelah 8-10 hari, pembiakan bakteri sudah selesai dan drum sudah dapat dibuka.
Saring dan masukkan ke dalam wadah yang bersih (botol) untuk disimpan/digunakan.
Ampas sisa saringan masih mengandung bakteri, sisakan sekitar 1 sampai 2 liter, tambahkan air, terasi, dan gula dengan perbandingan yang sama. Setelah 8-10 hari kemudian bakteri sudah berkembang biak lagi dan siap digunakan. Demikian seterusnya.
Kegunaan:

Mempercepat pengomposan dari 3-4 bulan menjadi 30-40 hari.
Dapat digunakan langsung sebagai pupuk semprot, apabila tanah sudah diberi kompos (subur), tetapi apabila tanah kurang subur/tandus, penggunaan langsung sebagai pupuk tidak dianjurkan.
Pupuk cair (larutan bakteri) ini tidak diperbolehkan untuk dicampur dengan bakteri lain, terutama bahan kimia atau bahan untuk pestisida lainnya seperti tembakau.

About these ads

34 Responses to “CARA MEMBUAT PUPUK CAIR ORGANIK”

  1. khay said

    good information for farmer like me.
    thx and let’s back to nature

  2. crista said

    There are lots of good examples how a smart person can make those credit cards work for him. I hope to do the same by applying for a credit card at

    no interest transfer cards

  3. ayo bareng3x berjuang. klo bisa kontak langsung mungkin kita akan lebih dekat x ya. kunjungi http://www.dcyber.co.cc semoga silaturahim

  4. chiba said

    bagus..masukan yg bagus untuk mahasiswa teknik pertanian seperti saya.

  5. eddy said

    Bakterinya nyari dmn bos……
    maafff enagk tahu…. nehmohon pencerahanya….
    makasih

  6. bagi yang mau cari bakteri, dapat anda beli pada toko-toko penjual bunga atau toko bahan bahan kimia bilang aja mau beli bakteri buat pupuk

  7. abee said

    mas Pras , klo untuk membedakan jenis bakteri yg bgs itu gmn ya atau semua jenis bakteti sama aja ?? mas apakah penggunaan bakteri yang lebih banyak dari komposisi itu semakin bagus ga ? thanx b4 “Bgreenjo”

  8. artikel yang mantap,…bisa dijadikan laha bisnis nih…

    thanks,…pak…

  9. Petanigurem said

    Pupuk organik cair sprti tsb diatas, bisa di aplikasikan ke tanaman prkbunan ga mas? Misalnya kbun sawit gitu..

  10. ferdi a girsang said

    mas ardi prasetyo
    terimakasih saya baca artikel tentang cara membuat pupuk cair organik kira-kira jenis bakteri apa yang bisa kita paka ? apakah bisa dipakai EM 4. terimakasih

  11. kiki kartiw said

    saya sangat tertarik membuat pupuk cair sebagai pertanyaan bakteri apa yang di pakai dan dimana mencarinya

  12. agung dewo said

    kok gak ada jawaban dari comment yang masuk

  13. sip rek..tulis terus artikel buat petani..dmi kemajuan wong ndeso..q salut n bantu kita dlm memejukan taraf hiduf petani

  14. Wong mikir said

    Enzim emilase cocok untuk pertanian dan peternakan terutama lele. “Sedia bibit enzim konsentrat tinggi dan bisa di biakkan . “083830303603 MURAH….

  15. Narendra said

    Trims atas infonya

  16. apa air bakrteri itu dan darimana dapatnya ?

  17. alief ardi said

    salam utk semua rekan yg peduli pertanian organik. maaf sebelumnya saya ingin urun rembuk sebisa saya karena membaca koment yg masuk di blog ini.
    1. bakteri yg dipakai anda bisa membeli EM4 di toko pertanian
    2. jika ingin membuat bakteri/mikroorganisme sendiri caranya sangat mudah.kita bisa memanfaatkan bakteri positif yang buanyak sekali di sekitar kita. beberapa bahan yg mengandung bakteri/mikroorganisme positif yaitu : tempe, tape, yakult, nasi busuk, buah-buahan busuk atau rumen sapi. bakteri/mikroba yg ada di bahan tsb bisa kita biakkan sendiri. caranya anda bisa memakai cara diatas atau silakan kunjungi blog saya
    3. kita bisa membuat mikroba dari kotoran ternak ruminansia, spt sapi, kambing, kelinci. ambil saja kotoran seember kemudian bungkus dalam karung kain/bekas wadah terigu kemudian rendam dalam air. udah deh, jadi bakteri utk keperluan starter kompos atau pupuk cair yg bisa menambah kandungan mikroba tanah atau mempercepat proses dekomposisi bahan organik.
    maaf bila tidak memuaskan. oya, salam dari blog saya http://aliefardi.wordpress.com/ yg membahas seputar pertanian dan peternakan organik.
    salam sukses semua. wassalam

  18. sutiati s said

    boleh tanya ga perbandingan nya brp liter air buat 1 liter bakteri ya?makasih

  19. arief kurniawanto said

    kurang jelas tentang cara pembuatan bakteri boz.itu paling penting.ada bakeri karena di produksi,apa media membuat bakteri?TQ

  20. biar lebih power full dan efektif menggunakan jenis bakteri apa ya? apa ada yang juala? mhn info kalau ada penjual bakteri u pupuk organik

  21. autolocksmith…

    [...]CARA MEMBUAT PUPUK CAIR ORGANIK « CEL.XXIII.02.439[...]…

  22. su'udin said

    ma’af barang yang membuat artikel yang tidak mau menerangkan / menjelaskan dengan gamblang mengenai pembuatan bakterinya. aku ada pengalam sedikit…. dan bisa di coba klu anda ingin mencobanya. saya pekek bakeri yang sudah di jual bebas. dan mudah di cari di toko-toko pertanian. nama bakteri itu : EM 4. PRODUKSI SONGGO LANGIT. HARGA NYA MURAH SEKITAR 15.000 1L (botol). hub su’udin 085230392112 / YM.suudindin@yahoo.co.id / FB suudin mulyatani

  23. TOTO said

    thanks all…,mari kt slamatkan ibu pertiwi dg sistem organik,bg para pakar bg2 donk ilmunya, MERDEKA……………!!!!

  24. sangat berguna sekali untuk pembelajaran mohon kiranya bisa mampir ke halaman homepage kami http://www.sdnpatuanan2.com kritik dan sarannya saya tunggu terima kasih

  25. Lhina said

    adah gk pupuk cair yang lain?

  26. When someone writes an piece of writing he/she maintains the idea of a user in his/her brain that
    how a user can understand it. So that’s why this post is perfect.
    Thanks!

  27. suwondo.st said

    silahkan hub cvbumilestarimakmur@gmail.com apabila hendak sharing mengenai pupuk organik

  28. I am extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog.
    Is this a paid theme or did you customize it yourself?
    Anyway keep up the excellent quality writing, it’s rare to
    see a great blog like this one nowadays.

  29. What’s up, its pleasant piece of writing about media print,
    we all know media is a fantastic source of data.

  30. This will get you traffic to your site and make money.
    Then consider yourself one of the few, true internet marketers.
    It’s probably some mix of the two, so I have to give him props for not going too far in
    either direction.

  31. However, this scene changed when more programmers
    became aware of virus programming and started building viruses
    that manipulated and destroyed data on infected computers.
    , it is best to go for affiliate marketing being an initial step into the world of generating impartial
    income from home. It’s probably some mix of the
    two, so I have to give him props for not going too far in either direction.

  32. The backend part of your company supports these profit centers.
    Today, lots of websites and blogs bring in unheard of income for their owners merely by promoting another’s company on their
    web pages. A internet marketing business, in a nutshell, a business
    that’s designed to run on the internet via a website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: